Profile

Home » Profile

Teras Yatim Indonesia adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan pembinaan anak yatim dan dhuafa khususnya di Kota Bandung Umumnya di seluruh pelosok nusantara. Kegiatan utama Teras Yatim Indonesia adalah pemberian santunan dan pembinaan kepada anak-anak yatim dan dhuafa binaan Teras Yatim Indonesia.

Teras Yatim Indonesia  sendiri merupakan salah satu program sosial dari Yayasan Lidzikri, sebuah yayasan yang menaungi seluruh kegiatan dan aktivitas Teras Yatim Indonesia. Yayasan Lidzikri didirikan secara hukum oleh Notaris Drs.Juher Zaidir, S.H. sesuai Akta Notaris 31 Tanggal 25 Juni 2014 dan Kepmenhukham Nomor AHU-04206.50.10.2014 Tanggal 30 Juni 2014, di Kota Bandung, Jawa Barat. Tujuan didirikan Yayasan Lidzikri untuk mencetak generasi muslim yang unggul dan berakhlakul karimah.

Teras Yatim Indonesia memiliki beberapa program yang dibagi kedalam 3 jenis program, yaitu:

1. Program Umum

  • Kegiatan santunan  kepada anak-anak yatim dan dhuafa binaan Teras Yatim Indonesia setiap satu bulan sekali.
  • Pembinaan anak-anak yatim dan dhuafa juga orang tua/wali mereka setiap 2 minggu sekali.

Dasar motivasi digulirkannya program ini antara lain berdasarkan tuntunan dari Al-Quran dan Al-Hadist berikut ini:

  • Dan mereka sama menanyakan tentang anak-anak yatim. Katakanlah: “Berbuat baik kepada mereka itu adalah yang terbaik dan jikalau engkau semua bergaul baik-baik dengan mereka, maka mereka itupun saudara-saudaramu dan Allah mengetahui siapa orang yang membuat kerusakan dari orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Al-Baqarah ayat 220)
  • Dari Sahl bin Sa’ad r.a.,katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda:”Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam syurga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan merenggangkan antara keduanya itu.” (HR Bukhari)

2. Program Khusus

  • Teras Hijau. Salah satu program Teras Yatim Indonesia yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup seperti Teras Berkebun, Swasembada Pangan, dll.

3. Program Insidentil

  • PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
  • Tazis (Teras Amil Zakat Infaq Sodakoh)
  • Teras Reaksi Cepat. Kegiatan bantuan terhadap bencana-bencana alam ataupun sosial.

Semoga dengan adanya Teras Yatim Indonesia ini bisa menjadi salah satu solusi permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini khususnya di bidang sosial maupun pendidikan. Mari kita bersama-sama membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik sehingga bisa menjadi negeri yang “Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur”.

Aamiin.